Image

Herodotus

( 484 SM – 425 SM )

Herodotus dari Halicarnassus dengan ini menerbitkan hasil penyelidikannya, berharapuntuk melakukan dua hal: untuk melestarikan memori masa lalu dengan meletakkan pada catatan prestasi yang mengagumkan baik dari Yunani dan non-Yunani bangsa, dan lebih khusus, untuk menunjukkan bagaimana dua balapan datang ke dalam konflik.Ini adalah baris pembuka yakin Sejarah Herodotus ‘, dan orang Yunani yang mendengar mereka pasti terkejut. Melestarikan memori masa lalu dengan mengenakan mencatat prestasi mencengangkan tertentu tidak biasa, tetapi penyair yang telah menyanyikan kisah kisah legendaris yang kurang megah.Bahkan Homer penyair besar telah dimulaiIliad dalam cara yang lebih sederhana: Sing, dewi, murka Peleus ‘anak Achilles, yang membawa kerugian tak berujung atas Yunani.

Banyak orang berani melakukannya kirim ke Underworld, dan banyak pahlawanmelakukannya menghasilkan mangsa anjing dan burung nasar. Dengan cara ini, nasihat-nasihat dari Zeus telah digenapi, dari hari di mana raja Agamemnon-pria-dan besarAchilles pertama jatuh dengan satu sama lain. Dan yang dari para dewa adalah hal yang membuat mereka bertengkar?

Kesamaan antara kedua prolog jelas: kita akan mendengar cerita tentang konflik yang mengerikan dan pembicara ingin kita untuk memahami bagaimana kedua belah pihakdatang ke dalam konflik. Perbedaannya adalah mencolok, juga: Homer mengundangseorang dewi untuk menghubungkan cerita; Herodotus tidak membutuhkan bantuan ilahi.Siapa orang ini, yang begitu bangga memberikan pendapat pribadi tentang masa lalu?

Herodotus ( Yunani : Hēródotos Ἡρόδοτος) adalah Yunani kuno sejarawan yang lahir di Halicarnassus , Caria (modern hari Bodrum , Turki ) dan tinggal di abad ke 5 SM(c. 484 SM – 425 SM c.). Dia telah disebut sebagai “Bapak Sejarah “karena ia adalah sejarawan pertama yang diketahui mengumpulkan bahan-bahan nya sistematis, uji akurasi mereka sampai batas tertentu dan mengatur mereka dalam baik dibangun dan narasi yang hidup. [1] The Histories – karya nya dan bekerja hanya ia diketahui telah menghasilkan – adalah catatan “penyelidikan” nya (atau ἱστορία Historia,sebuah kata yang lewat ke dalam bahasa Latin dan mengambil makna modernsejarah), menjadi penyelidikan asal-usul Yunani- Perang Persia dan termasuk kekayaan geografis dan etnografis informasi. Meskipun beberapa cerita yang tidak sepenuhnya akurat, ia mengklaim bahwa ia hanya melaporkan apa yang telah diberitahu kepadanya. Sedikit yang diketahui tentang sejarah pribadi sejak catatan kuno yang langka, dan sering bertentangan fantastis.

Meskipun kadang kala Heredotus kurang akurat, namun secara umum ia sangat hati-hati untuk memilah-milah laporannya secara logis dan masuk akal. Karyanya ini membuka cakrawala baru mengenai cara menuliskan masa lampau manusia. Pada masa sebelumnya, penulisan masa lampau manusia dalam arti sejarah, didominasi oleh pemikiran mistis dan primordial. Setiap konflik selalu dianggap sebagai kejadian yang sudah diatur oleh para dewa, dalam arti kehendak dewa, dan bukan karena ulah manusia. Hasil karyanya sendiri kemudian menjadi dasar bagi tradisi historiografi Yunani dan Romawi pada masa berikutnya, sekaligus menjadi alasan mengapa dia dianggap sebagai Bapak Sejarah.